HOME

Pahawang

Good Evening Mba Bro!!!

Langsung aje ye. Pernah denger nama Provinsi Lampung?

Gw yakin jawabannya adalah 99,99% mba bro pasti pernah mendengarnya. Namun coba kita sempitkan lagi pertanyaannya, pernahkah mba bromendengar Pulau Pahawang serta gugusan kecil pulau-pulaunya? Pulau Klagian, Gosong, Maitam, Tanjung Putus, Pahawang Kecil, Pulau Tegal. gw berfikir mungkin jawabanya hanya 50% yang pernah mendengarnya, dan itupun mungkin bagi mereka yang suka akan traveling. semua pertanyaan itu adalah prediksi kasar dari gw seh.

Untuk mencapai tempat ini sungguh mudah. Sarana dan infrastrukturnya cukup baik, banyak dan lengkap, 24 jam bahkan. Kawan bisa merapat ke Pelabuhan Merak-Bakauheuni, yang perjalanannya bisa memakan waktu 3-5 jam, beruntung kita, jika kapal verynya, tidak menunggu giliran atau parkir untuk sandar. Di kapal very ini kita bisa masuk ke ruangan ber ac (VIP), dengan menambah ongkos tentunya.  akhirnya tingkat kemahalan ongkos tambahan itu tergantung dari  tingkat keimanan kita juga, jika kita mendapatkan harga ruangan yang  mahal, berarti tingkat keimanan kita bagus. hahahahah bercanda.

Di kapal very ini kita sebiknya menghabiskan waktu, dengan membaca ( di HP aja), atau menikmati belaian angin malamnya,  asal jangan ngelamun jorok aja ya!!!! berbahaya……………

setelah tiba di pelabuhan bakauheuni kita menuju ke Dermaga Ketapang, nah perjalanan ini menurut gw sangat-sangat membosankan disamping kita menggunakan mobil luxio dan avanza n Apv yang harus menempuh 3 Jam perjalanan. view nya pun menyeramkan. haha.kidding.

tapi tips dari gw, dengerin musik aja yang riang serta yang santai. reagge adalah salah satu genre musik yang pas kawan. sekira 3,5 jam kita tiba di dermaga ketapang. langsung kami di jemput oleh kapal.dan siap untuk mengexploreeeeee pulau Pahawang..eaaa eaaa eaaaaaaaaa

Setelah gw naik kapal dan sedikit mengexplorenya gw punya sedikit gambaran neh tentang pulau ini.

sejatinya pulau ini tidak kalah dengan Teluk Kiluan 2 jam setelah pahawang, yang memang sudah sangat santer keindahan serta atraksi lumba-lumbanya. Pulau Pahawang bahkan aku bisa katakan lebih indah ketimbang tiga Gili yang ada di Lombok, Pulau Sangyang di Banten. Ujung Kulon, serta pesona bawah laut Krakatau.

Pesona bawah laut di Pahawang tidak hanya bak surga bagi ikan-ikan disana, ia juga memberikan kedamaian kepada mata kita yang melihatnya. Terumbu karang yang masih sempurna, karang hidup yang berayun di terjang ombak di dalam air. Hutan mangrove yang masih tersebar di bibir pantai. Karang-karang seperti jamur di kedalaman 2 meter, begitu tumbuh subur, ikan-ikan besar dan kecil selalu ada saat kita snorkelingan disana

Dan ini yang sungguh sempurna, NEMO, ya ikan lucu dan cantik ini begitu mudah kita dapati di Tanjung Putus. Ia berada di karang yang hidup, entah apa namanya, karang itu berayun di sentuh arus di dalam air, membuat induk nemo dan anaknya keluar dari rumahnya. Ia begitu berani kawan, kadang menghampiri tangan kita, sepertinya hendak mengajak kita bermain. kemudian masuk lagi ke persembunyiannya, begitu terus. pokoknya kalau ke pahawang, kita pasti di manjakan sama snorkling terusss ( gosong-gosong dah).

Di Tanjung Putus ini juga gw memberikan makan, sebuah roti gw bawa dari perahu kemudian aku nyebur, byurrrrrrrrrr…..

lalu gw kasih dah ke ikan-ikan itu, dan wawwwww.

Dari ikan beraneka warna, besar dan kecil dengan gesit menghampiri dan menyantapnya. Huuuuuuuuuuuuuh, pengalaman yang jelas memperkaya traveling gw ini. ia bergerombol, setelah mendapatkan makanannya, kembali bersembunyi di balik terumbu sementara yang kecil kecil ingin bermain, menghampiri tangan gw untuk kemudian langsung hap hap hap…..

Tips, bawalah makanan untuk memberikan makan kepada ikan-ikan itu dan rasakan sensasinya kawan.

Kemudian disana juga menjadi  surga untuk  “Patrick” Bintang Laut. Ia berwarna biru cerah mba bro, warna cerahnya sungguh menjadi magnet untuk kita dekati. 2, 3, 4 bahkan lima patrick aku temukan di dalam air yang tak begitu dalam di sekitaran Pulau Pahawang Kecil. Nah di pulau ini juga ada sebuah kejadian yang sangat ironis buat gw. Konon di pulau ini ada sebuah Villa yang dimiliki oleh warga Negara Asing dari prancis katanya sih. Sungguh di sayangkan, tapi katanya juga orang asing itu sangat membantu di pulau pahawang. karena ikut membangun pahawang dengan infra struktur pendidikan dari TK,SD,SMP hingga SMA.

Lanjuuut, jangan sersan aja ya mba bro, Keesokan harinya kita explore lagi. Bahasa saya adalah berenang dan snorkeling sampe hideung. Hahahaha…untuk menjaga stamina kita, jangan lupa bawa air mineral n cemilan cepuluh sebelas.hahaha. So ketika kita lelah dan mengeluarkan energi sehabis berenang dan snorkilang,

Itu cerita sekilas versi “JMAADV berlayar ke Pahawang”. Pasti dari mba bro yang lain mempunyai ceritanya sendiri dan terpatri jelas dalam memory otaknya. dan juga ini baru serpihan kecil keindahan alam nusantara yang berada di lampung, mungkin masih banyak destinasi lain yang mungkin jauh lebih indah.

Cobalah sedikit keluar dari zona nyaman mba bro.

nikmati pesona alam nusantara yang super indah, geluti kebudayaan kita yang agung, sejarah bangsa kita yang mengakar kuat. Rasakan sensasi dan pengalamannya ketika kita berada di zona itu, tantangan, aral dan pengalaman itu jelas akan membawa hidup ini semakin berwarna, dinamis dan fluktuatif. Dengan pengalaman itu aku yakin, sangat yakin bahkan. Kekayaan nurani kita akan bertambah, tingkat nasionalisme kita tumbuh dan dengan sendirinya pertalian persahabatan semakin jelas mengikat erat sesama travelers yang lain.

Akhirnya lagu kang Tony Q, mengalun menemani perjalan ku pulang menuju ke tempat HomeStay Sesungguhnya.

Thx